Untuk mendorong EBT, WIKA Beton mulai memasang PLTS atap di dua pabrik

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON) pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Sonar (PLTS) Atap sebagai bukti komitmen mulai diproses terhadap pelestarian lingkungan hidup, khususnya di lapangan energi hijau.

Untuk usaha tersebut, pada tahun ini WIKA Beton akan memiliki dua pabrik yang menggunakan energi listrik dari PLTS, yakni di Bogor dan Majalengka, Jawa Barat. WIKA Beton bekerja sama dengan PT Agra Surya Energy sebagai penyedia jasa untuk mengimplementasikan rencana penggunaan energi terbarukan dari matahari dalam proses produksi beton pracetak.

Panel surya tersebut akan dipasang di atap lini produksi utama dan digunakan untuk kegiatan utama pabrik dengan total daya listrik yang dihasilkan sebesar 682 kWP. Dari sisi lingkungan, pengoperasian PLTS di kedua pabrik ini mampu menurunkan emisi karbon dioksida (CO2) hingga 532.812 kg per tahun.

“Tak hanya itu, konsumsi listrik dari PLN juga dapat dihemat hingga 15%. Kedepannya WIKA Beton akan menambah jumlah pabrik yang menggunakan PLTS secara bertahap,” kata manajemen perseroan dalam keterangan resmi, Kamis (5/10). . /2023).

Pemasangan PLTS ini merupakan salah satu bagian dari program dekarbonisasi yang diusung di lingkungan grup WIKA sebagai selaras dengan program Industri Hijau Kementerian Perindustrian.

Langkah-langkah tersebut antara lain dengan mengurangi emisi CO2 dari sumber energi dan mengganti sistem yang bergantung pada bahan bakar fosil dengan sumber rendah karbon seperti energi terbarukan, termasuk PLTS.

Terkait dengan inisiatif hijau ini, WIKA Beton telah melaksanakan berbagai program seperti pemanfaatan solar cell untuk menyalakan penerangan di seluruh jalan di area pabrik dan area gudang sejak tahun 2022. WIKA Beton juga secara konsisten memanfaatkan air limbah hasil olahan dan memanfaatkan limbah fly ash sebagai bahan beton. aduk untuk mengurangi penggunaan semen.

Baca Juga  Bos BI membawakan bocoran isi pertemuan IMF dan Bank Dunia di Maroko

WIKA Beton senantiasa menerapkan prinsip keberlanjutan dalam setiap lini operasional bisnisnya. Dengan semangat keberlanjutan, WIKA Beton ingin terus tumbuh, berkembang dan memberikan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan, tidak hanya saat ini, namun juga untuk generasi mendatang.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

WIKA dapat kontrak baru Rp 8,76 T, kerjakan proyek apa?

(dpu/dpu)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *